Sunday, May 31, 2009

Dua Kali Menerima Roh Kudus?

Di dalam Alkitab banyak dituliskan mengenai Roh Kudus yang akan datang dan tinggal di dalam hati kita ketika kita percaya Injil keselamatan. Tidak ada janji yang menyatakan bahwa Roh Kudus akan datang dan tinggal di dalam hati kita bukan pada saat kita menerima keselamatan itu, atau bahwa Roh Kudus tidak datang dan tinggal di dalam hati kita pada saat itu. Orang Kristen percaya bahwa ketika seseorang menerima keselamatan Roh Kudus tinggal di hati orang itu.

Ingat nubuatan Yeremia atau Yehezkiel berkenaan dengan Perjanjian Baru?
Yer.31:31-34
Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN. Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Yeh.36:25-27 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Pada Kitab Perjanjian Baru banyak pula ayat-ayat yang menerangkan hal itu, beberapa di antaranya:

Yoh.7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Rm.8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Ef.1:13 Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Sekarang mari kita lihat Kisah Para Rasul 8:5-6 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.

ay.14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.

Dari kutipan di atas, semestinya Roh Kudus telah tinggal di dalam hati mereka. Lalu apa arti kalimat berikut?

Kis.8:15-16 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Apakah keterangan di atas yang menyatakan bahwa Roh Kudus datang dan tinggal di hati orang ketika ia menjadi percaya kepada Yesus Kristus bertentangan dengan kedua ayat di atas?

Bagaimana pula dengan kutipan di bawah ini, di mana Yesus memberikan Roh Kudus kepada mereka?

Yoh.20:19:22 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi: "Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu." Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.

Bukankah mereka sudah menerima Roh Kudus saat itu? Mengapa mereka menerima Roh Kudus lagi di hari Pentekosta?

Menurut sepengetahuan saya, baik dari kalangan non-karismatik, maupun dari kalangan karismatik, mereka setuju kalau murid-murid Yesus menerima Roh Kudus dua kali. Hanya saja mereka tidak sepaham dalam
penafsirannya dalam menanggapi pertanyaan kapankah murid-murid Yesus diselamatkan.

Dari The Bible Knowledge Commentary (terbitan Dallas Theology Seminary yang non-karismatik) dinyatakan bahwa Roh Kudus yang diberikan Yesus setelah kebangkitan-Nya itu adalah pemberian Roh Kudus sebagian sebelum hari Pentekosta dan itu merupakan pemberian kuasa (spiritual power). Dan mereka menerima keselamatan di hari Pentekosta.

Kalangan karismatik beranggapan sebaliknya. Anggapan ini didasarkan pada beberapa keterangan berikut:

Rm.10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Lihat lagi kutipan dari Yoh.20-19-22. Disitu dituliskan "Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan."

Pada saat itu mereka percaya bahwa Yesus telah bangkit dari antara orang mati. Mereka menerima keselamatan dan Roh Kudus.

Mengapa Yesus memberikan Roh Kudus dengan cara mengembusi mereka? Ingat bahwa Allah melakukan hal yang sama ketika menciptakan Adam. Di buku Commentary yang saya sebut di atas, dituliskan "Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, regenerasi dengan cara mengembuskan Roh Kudus sangatlah penting supaya orang bisa menikmati persekutuan dengan Allah"

Beberapa hari sebelum Pentekosta Yesus berpesan kepada murid-murid-Nya untuk menunggu di Yerusalem.

Kis.1:4-8 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang--demikian kata-Nya--"telah kamu dengar dari pada-Ku. Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus." Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Itulah baptisan Roh Kudus dan kejadiannya terpisah dari saat menerima keselamatan. ***)

No comments: